Minggu, 17 Juni 2012

Pendidkan Dewasa Ini

Dewasa ini kita banyak mendengar tentang pendidikan yang bebas dan kebutuhan pandangan yang luas. Pada hakekatnya apakah yang tersangkut dalam hal ini? sesungguhnya, banyak pendidikan dewasa ini didasarkan atas suatu pandangan dunia yang mengatakan bahwa pencarian nafkah merupakan kebaikan tertinggi.

Menghasilkan seorang ahli yang cakap, terlampau sering menjadi tujuan pendidikan yang hendaknya kita capai. Kita mendidik para ahli di bidang kedokteran untuk menjadikan diri kita lebih sehat, demikian dibidang-bidang lainnya. Tetapi sayang, kita cendrung lalai mendidik ahli-ahli yang dapat menjadikan kita lebih bijaksana. Tujuan pendidikan yang demikian ini menyebabkan para ahli tersebut tidak dapat membuat kita menjadi lebih bijaksana. Mereka banyak dapat mengajarkan pada kita ''bagaimana cara berbuat'' ("know how") tetapi bukannya "mengapa berbuat demikian" ("know why")

Untuk mengetahui mengapa orang berbuat. seseorang perlu memperoleh pendidikan khusus yang dapat membekali analisa yang kritis dan kecakapan bersintesa dalam memberikan tanggapan-tanggapan. Tetapi disamping itu, ''mengapa berbuat demikian'' hanya dapat diperoleh melalui proses yang bertentangan dengan pendidikan keahlian yang memusatkan perhatian kepada hal-hal yang khusus. Proses tersebut ialah penyusunan suatu pandangan dunia berupa sintesa, yang menjadikan ''mengapa berbuat'' mengandung makna: suatu sintesa prinsip-prinsip yang paling utama disegala cabang pengetahuan.

Louis O. Kattsoff
dalam buku Penghantar Filsafat

Tidak ada komentar: